Cara Menambahkan Record DNS pada Direct Admin

2 min read

Pengiriman email di internet melibatkan DNS server pada prosesnya karena membutuhkan proses lookup domain yang ada di internet. Maka dari itu perlunya melakukan penambahan atau penyesuaian record DNS Public pada domain yang digunakan. Terdapat banyak DNS management yang dapat digunakan, salah satunya yakni Direct Admin.

Berikut panduan bagaimana mengelola atau menambahkan Record DNS pada Direct Admin DNS panel.

Menambahkan Record DNS di Direct Admin #

Apabila anda ingin menambahkan record DNS untuk domain yang digunakan, anda dapat melakukannya pada Direct Admin. Berikut tahapan untuk penambahan record DNS tersebut.

1. Silakan akses ke url panel Direct Admin dan login menggunakan akun anda

2. Pada section Account Manager, pilih menu DNS Management


3. Untuk menambahkan record DNS baru, klik tombol
Add Record

4. Kemudian akan muncul pop up isian record DNS, silakan isi record tersebut

5. Pastikan record sudah sesuai, kemudian klik Add untuk menyimpan record

Note: pastikan anda menambahkan titik (.) setelah nama domain anda, agar tidak ada pengulangan ekstensi domain yang digunakan ketika diinput

Mengubah Record DNS di Direct Admin #

Jika terdapat permintaan perubahan pada record DNS, anda dapat melakukan perubahan record DNS tersebut pada Direct Admin. Berikut panduan melakukan perubahan Record DNS di Direct Admin.

1. Silakan akses ke url panel Direct Admin dan login menggunakan akun anda

2. Pada section Account Manager, pilih menu DNS Management

3. Pilih salah satu record DNS yang akan di edit, kemudian klik icon Edit

4. Kemudian akan muncul pop up isian record DNS, silakan sesuaikan record tersebut

5. Pastikan record sudah sesuai, kemudian klik Save untuk menyimpan record

Menghapus Record DNS di Direct Admin #

Apabila terdapat record yang sudah tidak digunakan atau salah input pada record DNS, anda dapat menghapus record DNS tersebut pada Direct Admin. Berikut panduan melakukan hapus Record DNS di Direct Admin.

1. Silakan akses ke url panel Direct Admin dan login menggunakan akun anda

2. Pada section Account Manager, pilih menu DNS Management

3. Pilih salah satu atau beberapa record DNS yang akan dihapus, kemudian klik Delete

4. Pastikan record yang dipilih benar, kemudian klik Delete pada pop up untuk menghapus record tersebut

Apakah dokumentasi ini membantu?
Updated on December 19, 2024