Analisa Message Header Email dengan MXToolbox

< 1 min read

Administrator email kerap menemui komplain dari pengguna email karena email yang dikirimkan ke tujuan lambat diterima. Penyebabnya ada beberapa faktor, baik internal sebagai pengirim maupun external sebagai penerima.

Untuk melakukan pengecekkan permasalahan tersebut, kita perlu melakukan analisa terhadap kendala pengiriman email. Kita dapat memanfaatkan tools MX Toolbox yang tersedia di internet secara gratis untuk mengecek pengiriman email kita. Untuk melakukan pengecekkan dan analisa tersebut, silakan dapat mengikuti panduan berikut.

Mendapatkan Message Header #

Sebelum melakukan analisa pengiriman email, kita harus mendapatkan message header dari penerima email yang kita kirim. Untuk mendapatkan message header, langkahnya berbeda tergantung dari aplikasi atau email server yang digunakan penerima email.

Adapun untuk panduan mendapatkan message header pada email, silakan dapat mengikuti panduan Melihat Full Message Header Email

Analisa Email dengan MX Toolbox #

Apabila anda sudah mendapatkan Full Message Header dari penerima email, silakan akses MX Toolbox dan lakukan langkah berikut

  1. Akses MXToolbox.com dan pilih menu Analyze Headers
  2. Paste full message header pada text area yang disediakan
  3. Klik Analyze Header untuk menganalisa email dari message header tersebut

Setelah itu akan muncul hasil analisa yang dilakukan MXToolbox secara detail, termasuk dengan informasi waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman email tersebut

Apakah dokumentasi ini membantu?
Updated on December 19, 2024